informatika

 » cirii ciri berpikir komputasional : 

1. Pemecahan Masalah Secara Sistematis

• pemecahan masalah secara sistematis dan terstruktur dengan memecah masalah yang kompleks menjadi bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

2. Analisis Data

• kemampuan untuk menganalisis data untuk menemukan pola dan kesamaan dalam data dan untuk memahami data secara menyeluruh.

3. Desain Algoritma

• kemampuan untuk merancang algoritma untuk menyelesaikan masalah secara efisien dan efektif. 

4. Keterampilan Abstraksi

• keterampilan abstraksi untuk mengambil inti dari masalah dan mengabaikan detail yang tidak penting.

5. Kemampuan Memecahkan Masalah

• kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan mengidentifikasi masalah yang perlu dipecahkan.

6. Kemampuan Penggunaan Logika

• penggunaan logika untuk mengembangkan dan menguji solusi.

7. Kolaborasi

• kemampuan untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain dalam pemecahan masalah yang kompleks.

» manfaat berpikir komputasional 

Berpikir komputasional memiliki manfaat, yaitu:

• Melatih otak agar terbiasa untuk berpikir secara matematis, logis, terstruktur, dan kreatif.

• Memudahkan seseorang untuk memecahkan permasalahan besar dan kompleks dengan cara yang efektif dan efisien. Masalah yang kompleks pun dapat terselesaikan dengan baik, sehingga menjadi masalah yang sederhana.

• Memudahkan seseorang mengobservasi suatu permasalahan dan menemukan solusi atas permasalahan tersebut. Semakin banyak solusi yang dimiliki, maka permasalahan mampu terselesaikan dengan efektif dan efisien.

» membedakan antara berita hoax atau tidak

1. Menelusuri Sumber Pertama

2. Memperhatikan Gaya Penulisan

3. Mencari Tahu Kebenaran Foto

4. Membaca Informasi di Situs Terpercaya

» cerita singkat terkait Seba Baduy 

pada hari Jum'at tanggal 17 Mei kemarin, kami ditugaskan untuk ke alun alun dan mengamati ritual adat yang akan terjadi disana yakni Seba Baduy, selain itu kamu di beri LKPD yang mesti kami isi terkait Seba Baduy. Seba Baduy sendiri adalah ritual adat atau tradisi yang di lakukan ketika di Baduy sedang panen besar, dan Seba Baduy dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat panen yang ada. Seba Baduy juga sudah ada sejak lama, dan dilakukan secara turun-temurun. Seba Baduy dilakukan dengan orang Baduy membawa hasil panennya dari Baduy hingga pendopo atau tempat yang sudah di siap kan oleh pemerintah untuk mereka dengan berjalan kaki. Saya dan teman teman berangkat kesana menggunakan maxim, setelah kami sampai disana cukup ramai orang yang ikut turut ingin menyambut kedatangan para orang Baduy tersebut dan melihat ritual tersebut. Dan kami ketika sudah disana tidak langsung melihat pemandangan orang Baduy yang membawa hasil panennya, kami menunggu orang Baduy datang nya cukup lama, karena kami berangkat ke alun alun jam 1, sedangkan orang Baduy yang membawa panen datang sekitar jam setengah 4, jadi ya cukup lama menunggu nya. Tapi ya syukur nya kita masi bisa melihat ketika mereka datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan

dampak sosial media

istilah dalam dunia internet